-->

Friday 19 October 2018

author photo
tutorialcoding arduino uno arduino ide software arduino download aplikasi arduino
Tampilan Aplikasi Arduino IDE

Langsung saja Somas (SObat maMAS), bagi kalian yang belum pernah menggunakan aplikasi ini, saya akan menjelaskan sedikit tentang apa saja yang harus diperhatikan atau apa saja yang harus di atur pada Aplikasi Arduino IDE (secara umum). 

Seperti pada umumnya aplikasi, Arduino IDE juga memiliki fitur Menu untuk mempermudah user dalam menggunakan aplikasi. Menu yang disediakan pada aplikasi Arduino IDE yaitu "File, Edit, Sketch, Tools, dan Help". atau bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Menu Aplikasi Arduino IDE

Menu File 
Bagian yang penting atau sering digunakan pada menu File yaitu example (selain dari save, new, open dll). Karena pada bagian example disediakan beberapa contoh program yang langsung dapat digunakan, jadi kita lebih mudah untuk belajar.

Menu Sketch
Pada bagian ini yang penting pada bagian Include Library, karena pada bagian ini terdapat beberapa fungsi atau fitur untuk meng-update library yang ada pada arduino. Intruksinya yaitu masuk pada Menu Sketch => Include Library => Manage Libraries.. , maka akan muncul tampilan dan apabila terhubung ke internet kan langsung meng-update library. Selanjutnya yaitu untuk menambahkan library terkait dengan device yang akan kita gunakan seperti RTC, DHT11 dll. Caranya yaitu masuk  ke Menu Sketch => Include Library => Add .ZIP Library..

Menu Tools
Menu ini digunakan untuk mengatur jenis device yang digunakan dan pengaturan port yang akan digunakan pada perangkat tersebut. Yang WAJIB di atur yaitu pilih Menu Tools => Board .. => pilih board sesuai dengan spesifikasinya, jika menggunakan Arduino Uno maka pilih Arduino Uno dan lain sebagainya. Selanjutnya pada bagian Menu Tools => Board .. => pilih port yang digunakan (contoh : com2, com3 dll). Jika menggunakan modul Arduino Uno biasanya pada port akan tampil beserta nama device yang digunakan seperti pada gambar dibawah ini. 

Pengaturan Board dan Port

Warning..
Perlu diingat ya Somas, pada bagian Tools ini adalah bagian yang paling penting, kebanyakan untuk para pemula karena lupa, gerogi, tidak memperhatikan atau apalah entah hehe, tidak mengatur port sehingga pada bagian notifikasi akan muncul tulisan berwarna orange bahwa ada yang erorr atau salah. So jangan panik ya guys..

Tampilan Notifikasi
Pada tampilan notifikasi ini berisi pemberitahuan tentang program yang kita buat (erorr atau tidak). Tampilan notifikasi ini akan muncul apabila kita mengverifikasi program atau mengupload program. Jadi enak kan guys perhatian banget aplikasinya, kita salah aja diperhatiin, ada yang kurang aja diingetin, pacarmu gimana guys wkwkwkwkwk.. Jangan baper ya (guyon). Nih Somas tampilan notifikasinya seperti pada gambar berikut.

Tampilan Notifikasi

Udah dijelasin nih Somas, jadi jangan bingung lagi ya. Tapi mohon maaf cuma sedikit, karena keterbatasan ilmu pengetahuan hehehe. Inti-intinya aja aja yang penting Mudeng.

Download Aplikasi Arduino Terbaru DISINI.



Semoga membantu dan bermanfaat ya guys.. 
PANGAPUNTEN SEDOYO KELEPATAN NGGEH.
your advertise here

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post