-->

Monday 8 October 2018

author photo
fungsi avr pengertian flash memory jenis jenis microcontroller contoh embedded system 
Arduino Ethernet Shield

Bentuk Fisik Arduino Ethernet Shield


Mamase.tech Arduino Ethernet Shield menghubungkan Arduino ke internet hanya dalam hitungan menit. Cukup colokkan modul ini ke papan Arduino, hubungkan ke jaringan menggunakan kabel RJ45. Arduino Ethernet Shield  memungkinkan papan Arduino untuk terhubung ke internet . Ini didasarkan pada  Wiznet W5100 ethernet. Arduino board berkominikasi dengan W5100 dan SD card mengunakan bus SPI (Serial Peripheral Interface). Komunikasi ini diatur oleh library SPI.h dan Ethernet.h. Bus SPI menggunakan pin digital 11, 12 dan 13 pada Arduino Uno. Pin digital 10 digunakan untuk memilih W5100 dan pin digital 4 digunakan untuk memilih SD card. Pin-pin yang sudah disebutkan sebelumnya tidak dapat digunakan untuk masukan/keluaran umum ketika kita menggunakan ethernet shield. Karena W5100 dan SD card berbagi bus SPI, hanya salah satu yang dapat aktif pada satu waktu. Jika kita menggunakan kedua perangkat dalam program kita, hal ini akan diatasi oleh library yang sesuai. Jika kita tidak menggunakan salah satu perangkat dalam program kita, kiranya kita perlu secara eksplisit men-deselect-nya. Untuk melakukan hal ini pada SD card, set pin 4 sebagai keluaran dan menuliskan logika tinggi padanya, sedangkan untuk W5100 yang digunakan adalah pin 10. 

Ethernet Shield menambah kemampuan arduino board agar terhubung ke jaringan komputer. Ethernet shield berbasiskan cip ethernet Wiznet W5100. Ethernet library digunakan dalam menulis program agar arduino board dapat terhubung ke jaringan dengan menggunakan arduino ethernet shield. Pada ethernet shield terdapat sebuah slot micro-SD, yang dapat digunakan untuk menyimpan file yang dapat diakses melalui jaringan.

Sumber : Arduino. (2018, Oktober 8). Arduino Ethernet Shield. Retrieved from Arduino.cc: https://store.arduino.cc/usa/arduino-ethernet-shield-without-poe-module

Datasheet  dapat diunduh DISINI



Semoga membantu dan bermanfaat guys.. 
PANGAPUNTEN SEDOYO KELEPATAN NGGEH.


your advertise here

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post