-->

Thursday 21 March 2019

author photo
Apa itu sensor Photodioda? Sensor Photodioda merupakan salah satu jenis komponen elektronika yang peka terhadap cahaya. Sensor Photodioda akan mengalami perubahan nilai resistansi apabila menerima cahaya dan akan mengalirkan listrik secara forward sebagaimana pada umunya.

Arduino Sensor Photodioda

Hello Somas (SObat maMAS), kali ini saya akan sharing tentang cara membaca data dari sensor photodioda menggunakan arduino uno. Banyak manfaat yang akan kita peroleh dari percobaan ini, sekilas terlihat sepele namun dari hal yang sepele ini akan timbul sebuah inovasi yang dapat bermanfaat bagi semua orang. Seperti biasa untuk melakukan percobaan ini ada beberapa komponen yang dibutuhkan diantaranya yaitu :
  • 1 buah PC atau laptop
  • 1 buah modul arduino uno
  • 1 buah kabel USB arduino to PC
  • 1 buah sensor Photodioda
  • 1 buah resistor 1 KOhm
  • Kabel jumper secukupnya

Setelah menyiapkan peralatan atau komponen yang dibutuhkan langkah selanjutnya melakukan perakitan dengan langkah-langkah sebagai berikut :


1. Hubungkan kaki Anoda pada sensor photodioda ke GND arduino.

2. Hubungkan ujung kaki resistor ke pin VCC arduino.

3. Hubungkan pertemuan kaki sensor Photodioda dan resistor ke pin A0 arduino.

4. Nyalakan PC kemudian buka aplikasi Arduino IDE (jika belum punya aplikasinya silahkan download DISINI (link Google Drive) atau kunjungi sumbernya DIMARI (arduino.cc).

5. Hubungkan kabel dari PC ke Modul Arduino.

6. Atur port dan board yang digunakan oleh arduino dengan cara masuk ke tools yang ada pada aplikasi Arduino IDE => pilih board yang digunakan (Arduino uno/ nano/ mega), kemudian pilih => port Com yang digunakan oleh arduino.  Setelah selesai melakukan pengaturan port dan board selanjutnya membat program untuk di upload ke board arduino.  Lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini. Baca juga artikel Cara Penggunaan Aplikasi Arduino IDE.

Pengaturan Port Arduino

Pada board Arduino yang mengunakan IC ATmega biasanya driver yang digunakan sudah include pada aplikasi Arduino IDE, namun jika bukan menggunakan IC tipe ATmega biasanya menggunakan driver yang berbeda seperti board arduino yang menggunakan IC tipe CH341, CH340 dll. Driver  sesuai tipe dapat download link dibawah ini.

Download driver arduino CH341
Download driver arduino CH340

Jika belum tahu bagaimana cara menginstall driver CH341 atau CH340 silahkan baca artikel Cara Install Driver CH340 atau CH341.

7. Buat program unuk membaca tegangan atau nilai yang dikeluarkan oleh sensor photodiodaBerikut ini adalah contoh program untuk pembacaan sensor photodioda dengan menggunakan pin analog.

int sensor =A0;
int baca;

void setup() {
Serial.begin(9600);
pinMode(sensor, INPUT);
}

void loop() {
baca = analogRead(sensor);
Serial.print("Nilai Sensor = ");
Serial.println(baca);
delay(1000);
}


SARAN
Jika ingin bisa dalam belajar pemograman, kalian harus mengetikan program tersebut secara manual. Dengan begitu kalian akan mudah hafal dalam pemograman arduino.

Anda dapat unduh program diatas DISINI file dalam bentuk ( *.ino). Verifikasi terlebih dahulu untuk mengetahui apakah ada yang eror atau tidak. Upload program jika program tidak ada eror. Silahkan baca artikel tentang  Penggunaan Aplikasi Arduino IDE untuk mempermudah dalam penggunaanya.

Tampilan Serial Monitor Arduino


Jika sudah berhasil coba program berikut yang berisi sebuah kondisi. Langsung saja upload ke board arduino tanpa merubah rangkaian. Untuk programnya silahkan download DISINI.



Semoga membantu dan bermanfaat ya guys.. 
PANGAPUNTEN SEDOYO KELEPATAN NGGEH.
your advertise here

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post