-->

Wednesday 31 October 2018

author photo
tutorial mengenal cara penjelasan materi belajar mengukur menggunakan alat ukur multimeter analog digital resistor terbaru terlengkap

Pengukuran Resistor

Hello Somas (SObat maMAS), kali ini saya akan berbagi ilmu tentang cara pengukuran resistor. Sebelum melakukan pengukuran resistor kalian harus tau dulu ya cara menggunakan alat ukur, repot nanti kalau mau mengukur resistor tapi gx tau cara menggunakan alat ukurnya hehe. Silahkan baca artikel tentang Cara Menggunakan Alat Ukur Analog dan Digital jika kalian belum faham, namun jika sudah faham kuy langsung saja ke pembahasan.

Dalam pengukuran resistor yang harus diperhatikan yaitu sebagai berikut :
  • Putar selector ke posisi OHM


    Tampilan Mutimeter Setelah Dikalibrasi
  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah kalibrasi multimeter.


    Tampilan Mutimeter Setelah Dikalibrasi
  • Setelah multimeter dikalibrasi selanjutnya hubugkan kabel merah dan hitam pada masing-masing kaki resistor. Dalam hal ini tidak ada ketentuan dalam menghubungkan kaki resistor ke multimeter karena resistor tidak memiliki nilai polaritas.

    Cara Menghubungkan Multimeter ke Resistor
  • Perhatikan nilai yang ditujukan oleh jarum penunjuk. Jika nilai yang ditunjukan hampir sama dengan nilai yang tertera pada batangnya atau masih dalam nilai toleransi maka kondisi resistor tersebut baik.

Pada pengukuran resistor kali ini menggunakan resistor dengan nilai 12KOhm dan reisitor 1KOhm. Hasil pengukuran resistor 12KOhm sebagai beriku.

Hasil Penunjukan Resistor 100 Ohm.

Pengukuran Resistor 12000 Ohm menggunakan skala X1K dan jarum menunjukan angka 12, maka :
Nilai pengukuran = 12 x 1K = 12KOhm


Pengukuran resistor selanjutnya kali ini menggunakan resistor dengan nilai 1KOhm. Hasil pengukuran resistor 1KOhm sebagai beriku.

Hasil Penunjukan Resistor 1KOhm

Pengukuran Resistor 1KOhm menggunakan skala X100 dan jarum menunjukan angka 10, maka :
Nilai pengukuran = 10 x 100 = 1000 Ohm = 1KOhm
Note : Perlu diingat dalam hal pengukuran resisttor yang paling penting untuk diperhatikan adalah posisi pengali, coba dahulu dari pengali yang paling kecil (X1) jika jarum tidak menjunjuk maka naikkan ke hasil kali berikunya sampai jarum penunjuk bergerak dan menunjukan nilai yang mudah dipahami.



Semoga membantu dan bermanfaat ya Guys..
PANGAPUNTEN SEDOYO KELEPATAN NGGEH..
your advertise here

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post