-->

Wednesday 24 October 2018

author photo
tutorial mengenal cara penjelasan materi belajar menginstall install driver arduino CH340 CH341 terbaru terlengkap
Arduino CH340

Hello Somas (SObat maMAS) , kali ini saya akan berbagi pengetahuan tentang bagaimana cara install driver modul arduino yang menggunakan IC CH340, CH341 dan sejenisnya. 

Jika ada yang bertanya "Memang mikrokontroler yang menggunakan IC CH340 atau CH341 tidak langsung ter-install ya di device manager pada PC?". Jawabannya Iya, karena pada mikrokontroler jenis ini (CH340 atau CH341) memiliki driver sendiri jadi berbeda dengan IC ATMega328, IC ini langsung ter-install driver karena sudah include dengan aplikasi Arduino IDE makanya kita harus install manual. Buat kalian yang belum tau kuy simak langkah-langkah dibawah ini.

Untuk perangkat Arduino yang menggunakan IC CH340 atau CH341, pada saat menghubungkan ke PC biasanya ada notifikasi tentang driver usb /port yang digunakan. Kita tinggal lihat notifikasi tersebut sukses atau tidak, kebanyakan sih tidak sukses karena belum ter-install. Jika belum ter-install langkah yang harus dilakukan yaitu :

Pertama
  • Download driver CH340 atau Download driver CH341

Kedua
  • Klik kanan driver CH340 atau CH341 pilih ekstrak.

Ketiga
  • Masuk ke menu Windows => klik kanan Computer => pilih Manage 
 
 Cara Masuk ke Komputer  Management

  • Pilih Device Manager. Pada kolom bagian kanan terdapat tulisan Other Device dan terdapat notifikasi berupa tanda seru. Itu tanda bahwa driver Arduino belum ter-install seperti pada gambar dibawah ini. 
Tampilan Menu Computer Management

  • Klik tanda panah pada Other Device => pada tulisan Unknow klik kanan pilih Update Driver Software 
Tampilan Update Driver
  • Pilih Browse my computer for driver software => pilih Browse.. => (cari folder hasil ekstrakan driver CH340 atau CH341=> pilih Ok 
Tampilan Saat Memilih Lokasi File 
  • Pilih Next . Secara otomatis akan meng-install driver tersebut. Tampilan pada Computer Management akan berubah seperti gambar dibawah. 

Tampilan Saat Driver Sudah Terinstall


  • Coba cek port pada Arduino maka driver arduino akan muncul seperti pada gambar dibawah ini.

Tampilan Port Pada Aplikasi Arduino


Coba periksa port pada aplikasi Arduino IDE, jika sudah ter-install maka port Arduino akan muncul. Jika belum memiliki aplikasi Arduino IDE terbaru silahkan download DISINI. Cara ceknya liyat di artikel Cara Penggunaan Aplikasi Arduino IDE




Semoga membantu dan bermanfaat ya guys.. 
PANGAPUNTEN SEDOYO KELEPATAN NGGEH.
your advertise here

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post