-->

Wednesday 24 October 2018

author photo
tutorial mengenal penjelasan materi belajar dioda terbaru terlengkap

Bentuk Fisik Dioda

Dioda merupakan suatu komponen elektronika yang berfungsi sebagai penyearah arus AC (Alternating Curent) menjadi arus DC (Direct Curent). Dioda tergolong komponen elektronika yang memiliki polaritas, karena dioda memiliki dua kutup yaitu kutup positif (Anoda) dan kutup negatif (Katoda). Dioda terdiri dari dua buah semikonduktor yang masing-masing diberikan doping (penambahan material) yang berbeda dan konduktor untuk mengalirkan arus listrik. Bahan semikonduktor yang digunakan pada dioda ada dua yaitu bahan silikon dan germanium. Drop tegangan pada bahan silikon yaitu 0,7 Volt dan untuk bahan germanium 0,3 Volt, jadi bagan yang paling baik untuk digunakan yaitu germanium karena pengurangan tegangannya kecil dibandingkan dengan silikon. 

Simbol Dioda

Cara kerja dioda :
  • Forward Biased yaitu apabila kaki Anoda dioda mendapat positif baterai dan kaki Katoda mendapatkan negatif baterai maka arus dan tegangan akan mengalir.
  • Reverse Biased yaitu apabila kaki Anoda mendapatkan negatif baterai dan kaki Katoda mendapatkan negatif baterai maka arus dan tegangan listrik tidak akan mengalir.
Jenis-jenis dioda beserta fungsinya sebagai berikut :
  • Schottky Diode merupakan jenis dioda yang umum digunakan pada rangkaian elektronika, fungsi dioda ini sebagai penyearah arus dan tegangan. Dioda jenis ini biasanya digunakan pada rangkaian catu daya.

Schottky Diode
  • Dioda Zener berfungsi sebagai penstabil tegangan. Dioda zener memiliki karakteristik khusus yaitu mampu meninggikan efek breakdown pada saat reverse biased.
Dioda Zener

  • Light Emiting Diode (LED) merupakan salah satu jenis dioda yang dapat mengeluarkan cahaya dan kemudian dijadikan atau berfungsi sebagai indikator.
LED

  • Dioda Laser dapat mengeluarkan cahaya, namun cahaya yang dikeluarkan bersifat koheren. Simbol pada dioda laser sama seperti dioda LED yaitu memancarkan cahaya.
Laser
  • Photodioda merupakan salah satu jenis dioda yang sering digunakan sebagai sensor untuk mendeteksi cahaya.
Photodioda

  • Dioda Varaktor. Dioda ini mampu menghasilkan nilai kapasitansi tertentu sesuai dengan besar tegangan yang diberikan kepadannya. Dioda varaktor diterapkan pada sistem transmisi frequensi tinggi seperti radio dan televisi.
Dioda Varaktor



Semoga membantu dan bermanfaat ya guys.. 
PANGAPUNTEN SEDOYO KELEPATAN NGGEH.

your advertise here

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post