-->

Saturday 27 October 2018

author photo
tutorial mengenal cara penjelasan materi belajar trafo transformator transformer terbaru terlengkap
Bentuk Fisik Transformator

Transformator merupakan suatu alat yang digunakan untuk menurunkan dan menaikan tegangan AC (Alternating Curent). Transformator bekerja berdasarkan prinsip induksi elektromagnet dan dapat bekerja pada arus bolak balik (AC) yang berasal dari PLN. Trafo merupakan peralatan yang sangat penting untuk kebutuhan elektronika karena peralatan elektronika saat ini membutuhkan tegangan yang kecil sehingga peran trafo sangat diperlukan untuk menurunkan tegangan. Trafo memiliki dua buah kumparan yang berbeda yaitu kumparan sekunder dan kumparan primer. Kumparan primer merupakan kumparan masukan yang berasal dari tegangan PLN, sedangkan  kumparan sekunder merupakan keluaran dari trafo.

Jenis-jenis Transformator
Trafo dibagi menjadi 2 yaitu trafo step-up dan trafo step-down dimana kedua buag trafo tersebut memiliki fungsi yang berbeda.

Trafo Step-Up
Trafo step-up merupakan trafo yang berfungsi untuk menaikkan tegangan yang berasal dari generator listrik. Ciri-ciri trafo step-up yaitu kumparan sekundernnya memiliki jumlah kumparan yang banyak dibandingkan dengan kumparan primernya. Selain itu tegangan primernya lebih sedikit dibandingkan dengan tegangan sekundernya dan kuat arus pada kumparan primer lebih besar dibandingkan dengan kumparan sekundernya.

Kumparan Trafo Step-Up

Trafo Step-Down
Trafo step-down merupakan trafo yang berfungsi untuk menurunkan tegangan yang berasal dari generator listrik. Ciri-ciri trafo step-down yaitu kumparan primernya memiliki jumlah kumparan yang banyak dibandingkan dengan kumparan sekundernya. Selain itu tegangan primernya lebih besar dibandingkan dengan tegangan sekundernya dan kuat arus pada kumparan sekunder lebih besar dibandingkan dengan kumparan primernya.

Kumparan Trafo Step-Down


Rumus Transformator

Ip/Is = Ns/Np     dan     Vp/Vs = Np/Ns

Ip    : Kuat arus primer (Ampere)
Is    : Kuat arus sekunder (Ampere)
Np  : Jumlah lilitan primer
Ns  : Jumlah lilitan sekunder
Vp  : Tegangan primer (Volt)
Vs  : Tegangan sekunder (Volt)


Contoh Soal
Sebuah transformator step-down dikaitkan dengan tegangan 220 V. Kemudian tegangan ini keluar dengan besar 80 V. Apabila lilitan inputnya berjumlah 1000. Hitunglah jumlah lilitan outputnya?
Jawab :

Diketahui :
Vp = 220V
Vs = 80V
Np = 1000

Ns...?
Vp/Vs = Np/Ns
220/80 = 1000/Ns
2.75 = 1000/Ns
Ns = 1000/2.75
Ns = 263.64 



Semoga membantu dan bermanfaat ya guys.. 
PANGAPUNTEN SEDOYO KELEPATAN NGGEH.
your advertise here

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post