-->

Monday 5 November 2018

author photo
kapasitor fungsi kapasitor keramik cara mengukur kapasitor

Pengukuran Kapasitor

Hai Somas (SObat maMAS), pada artikel kali ini saya akan membahas tentang bagai mana cara mengukur kapasitor, dengan begini kita akan tau baik atau tidaknya kapasitor tersebut. Diingatkan kembali ya Somas, sebelum belajar pengukuran (bagi yang belum tau bagaimana cara pengukuran) silahkan belajar dahulu tentang Cara menggunakan Multimeter Analog dan Digital, dengan begitu akan mengurangi kerusakan pada multimeter. Pada pengukuran kapasitor terdapat dua kondisi yaitu pengukuran kapasitor yang terdapat pada rangkaian dan pengukuran kapasitor tidak pada rangkaian elektronika.

Pengukuran Kapasitor
Untuk pengukuran kapasitor diluar rangkaian yang harus kitalakukan yaitu :
  • Posisikan selector pada OHM (X1, X10, X100 atau X1K).
  • Kalibrasi multimeter
  • Mengukur kapasitor
    Pengukuran ini dilakukan pada kapasitor  jenis ELCO (Electrolit Condensator). Pada saat pengukuran kapasitor kita tidak dapat melihat nilai asli di tampilan display multimeter, namun kita bisa tau kapasitor yang bagus atau tidak dari pergerakan jarum penunjuknya. Hubungkan kabel merah pada mutimeter ke kaki positif kapasitor dan kabel hitam ke negatif kapasitor, maka jarum penunjuk pada multimeter akan bergerak dan akan kembali lagi. Jika kondisi pada saat posisi jarum penunjuk kembali waktunya lebih cepat maka kapasitor dalam keadaan baik, namun jika lambat maka kapasitor tersebut kurang baik (tidak dapat bekerja dengan maksimal). Selain itu pengukuran kapasitor harus bolak balik ya, maksudnya disini kabel merah hubungkan ke kaki positif, kabel hitam ke kabel negatif dan kemudian tes kembali dengan menghubungkan kabel merah ke kaki negatif kapasitor dan kabel hitam ke positif kapasitor.

Hasil Mengukur Kapasitor


Pengukuran Kapasitor Pada Rangkaian 
Pengukuran kapasitor pada rangkaian kita harus memperhatikan nilai polaritasnya (kutub positif dan kutub negatif). Jika salah dalam meletakkan polaritasnnya maka multimeter akan rusak. Berikut beberapa langkah dalam melakukan pengukuran kapasitor di rangkaian elektronika.
  • Kalibrasikan multimeter (jika belum tau caranya silahkan kunjungi artikel berikut Cara menggunakan Multimeter Analog dan Digital.
  • Posisikan selector pada DCV dan atur sekala yang akan digunakan sesuai dengan inputan tegangan yang ada pada rangkaian tersebut (jangan sampai sekala padamultimeter lebih kecil dibandingkan dengan input tegangan yang akan kita ukur). Hal ini dilakukan karena kapasitor pada rangkaian elektronika telah dialiri listrik.
  • Hubungkan kabel merah multimeter ke kaki posotif kapasitor dan kabel hitam ke negatif.
  • Lihat nilai yang ditunjukan pada multimeter

Kapasitor Pada Rangkaian Power Suplay


Pengukuran Kapasitor Pada Rangkaian


Pada pengukuran  kapasitor dalam sebuah rangkaian, jarum penunjuk akan menunjukan angka yang stabil sehingga dapat diketahui nilai tegangan yang mengalir pada kapasitor tersebut. Pengukuran kapasitor diatas menggunakan skala 50 dan jarum menunjukan angka 15 lebih satu strip pada batas ukur 50, maka hasil penunjukan pada multimeter tersebut yaitu 16V DC.

Hasil Pengukuran = (Jarum penunjuk/Skala) x Batas Ukur
Hasil Pengukuran = (16 / 50) x 50 = 16 V DC



Semoga membantu dan bermanfaat ya Guys..
PANGAPUNTEN SEDOYO KELEPATAN NGGEH..
your advertise here

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post