-->

Monday 5 November 2018

author photo

Hai Somas (SObat maMAS), kali ini kita akan belajar tentang bagaimana cara mengukur tegangan DC. Hal ini penting untuk dipelajari karena banyak peralatan elektronika menggunakan tegangan DC. Jika kita ingin belajar memperbaiki perangkat elektronika pasti tidak jauh jauh dari mengkur tegangan DC. Langsung saja ya Somas kita belajar mengkur tegangan DC dengan langkah-langkah sebagai berikut :
  • Kalibrasi multuimeter (jika belum tau caranya silahkan lihat pada artikel Cara Menggunakan Multimeter Analog dan Digital)
  • Lihat sumber tegangan DC yang akan kita ukur pada rangkaian (5V, 9V, 12V, 15V atau lain sebagainya).
  • Jika sudah mengetahui berapa tegangan inputan DC nya, selanjutnya yaitu putar range selector pada posisi DCV dan pilih skala yang lebih besar dari sumber inputan tegangan yang akan diukur. Hal ini dilakukan agar multimeter tidak rusak, biasannya jika skala lebih kecil dari pada jumlah inputan tegangan yang akan diukur fuse multimeter akan putus, bahkan komponen utama akan rusak.
  • Hubungkan kabel merah multimeter ke jalur tegangan positif (+) dan kabel hitam pada jalur tegangan negatif (-). Jangan sampai ketukar ya, jika tertukar jangan sampai lebih dari 1 detik. Karena jika lebih dari 1 detik maka multimeter kan rusak. Cara mengetahui terbalik atau tidaknya yaitu dengan cara melihat pergerakan jarum penunjuk, jika saat kita menghubungkan multimeter ke rangkaian jarum bergerak ke arah kanan maka posisi mengukur kita sudah benar, namun jika posisi jarum penunjuk bergerak kearah kiri berarti posisi kabel kita terbaik. Solusinya kita tinggal menukar saja posisi letak kabel multimeternya maka jarum akan bergerak kearah kanan.
Pengaturan Selektor Switch


Pengukuran Yang Benar

Perhatikan warna kabel multimeter karena akan berpengaruh pada hasil pengukuran. Pengukuran yang benar jarum penunjuk bergerak kearah kanan.


Pengukuran Yang Tidak Benar

Perhatikan warna kabel multimeter karena akan berpengaruh pada hasil pengukuran. Pengukuran yang salah jarum penunjuk multimeter bergerak ke kiri.


Gimana mudah kan Somas, penjelasan diatas terlihat sepele namun penting untuk diperhatikan. Jika tidak memperhatikan panduannya maka sebanyak papun kalian memiliki alat ukur akan cepat rusak.

Note : Setiap melakukan pengukuran tegangan (baik tegangan DC atau tegangan AC) saat posisi kabel terbalik diusahakan jangn lebih dari 1 detik, karena jika sampai terbalik maka multimeter yang kita gunakan akan rusak. 


Semoga membantu dan bermanfaat ya Guys..
PANGAPUNTEN SEDOYO KELEPATAN NGGEH..

your advertise here

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post