-->

Monday 5 November 2018

author photo
Hello Somas (SObat maMAS), kali ini kita akan belajar tentang bagaimana cara mengukur tegangan AC (arus bolak-balik). Mengukur tegangan bolak-balik merupakan hal yang riskan jadi jangan sembarangan ya, salah sedikit alat akan langsung rusak (itu masih enak) kalau kitanya kesetrum kan berabe. Untuk itu kita harus mengutamakan SOLAT (Ibadah) dan keselamatan kerja ya Somas hehe.

Langsung saja ya Somas mari belajar mengkur tegangan AC dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :
  • Kalibrasi multuimeter (jika belum tau caranya silahkan lihat pada artikel Cara Menggunakan Multimeter Analog dan Digital)
  • Putar range selector pada posisi ACV. Gunakan skala yang paling tinggi bada multimeter, hal ini dilakukan karena kita tidak tau pada saat itu tegangan sumber yang dikeluarkan dari PLN berapa besar. Jadi gunakan skala yang paling besar agar lebih aman.
  • Hubungkan masing-masing kabel merah dan hitam pada multimeter pada sumber tegangan yang berasal dari PLN. Perlu diingat kembali ya Somas, karena tegangan AC berbahaya jadi dilihat kembali posisi kabel multimeter dan jarum penunjuknya. Jika saat kita menghubungkan multimeter ke rangkaian jarum bergerak ke arah kanan maka posisi mengukur kita sudah benar, namun jika posisi jarum penunjuk bergerak kearah kiri berarti posisi kabel kita terbaik. Solusinya kita tinggal menukar saja posisi letak kabel multimeternya maka jarum akan bergerak kearah kanan. 
  • Perhatikan nilai yang ditunjukan oleh jarum penunjuk pada mutimeter.
Posisi Selector 


Pengukuran Tegangan AC

Pada pengukuran arus bolak balik saya tidak mencontohkan tentang pengukuran yang salah, karena pada tegangan arus bolak balik terlalu sensitif pada alat ukur, apabila terbalik probe pada multimeter multimeter akan rusak.
Note : Setiap melakukan pengukuran tegangan (baik tegangan DC atau tegangan AC) saat posisi kabel terbalik diusahakan jangn lebih dari 1 detik, karena jika sampai terbalik maka multimeter yang kita gunakan akan rusak. 


Semoga membantu dan bermanfaat ya Guys..
PANGAPUNTEN SEDOYO KELEPATAN NGGEH..
your advertise here

This post have 2 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post