-->

Thursday 20 December 2018

author photo


Pengertian
Sensor warna TCS230 adalah sensor warna yang sering digunakan pada aplikasi mikrokontroler untuk pendeteksian suatu object benda atau warna dari objet yang di monitor. Sensor warna TCS230 juga dapat digunakan sebagi sensor gerak, dimana sensor mendeteksi gerakan  suatu object berdasarkan perubahan warna yang diterima oleh sensor. Pada dasarnya sensor warna TCS230 adalah rangkaian photo dioda yang disusun secara matrik array 8×8 dengan 16 buah konfigurasi photodioda yang berfungsi sebagai filter warna merah, 16 photodiode sebagai filter warna biru dan 16 photo dioda lagi tanpa filter warna. Sensor warna TCS230 merupakan sensor yang dikemas dalam chip DIP 8 pin dengan bagian muka transparan sebagai tempat menerima intensitas cahaya yang berwarna.


Keluaran dari sensor warna ini yaitu berupa gelombang persegi dengan modulasi 50% yang dimana berbanding lurus dengan intensitas cahaya yang terbaca oleh sensor. Pada sensor terdapat sebuah photodiode dengan array 8 x 8 yang mengkonversi warna menjadi frekuensi, yang terdiri dari :

16 dioda untuk filter merah
16 dioda untuk filter hijau
16 dioda untuk filter biru
16 dioda untuk clear (tanpa filter)

Dari kesemua dioda diatas terhubung ke dalam rangkaian paralel yang menggunakan metode switching pin (S0,S1,S2,S3). Pada tiap ke-16 photodioda tersebut terhubung secara paralel, melihat gambar diatas dengan menggunakan 2 point kontrol S2 dan S3 dapat memilih mana yang akan dibaca. Sehingga jika mendeteksi warna merah, dapar menggunakan 16 red difference photodioda dengan mengatur dua pin ke tingkat logika rendah.

Sensor memiliki 2 pin kontrol, S0 dan S1 yang berfungsi untuk mengatur frequensi keluaran. Frequensi ini dapat di adjust dengan 3nilai preset yang berbeda yaitu 100%, 20% atau 2%. Pensakalan frequensi bertujuan untuk berbagai penghitung frequensi dalam optimalisasi keluaran sensor.





Semoga membantu dan bermanfaat ya guys.. 
PANGAPUNTEN SEDOYO KELEPATAN NGGEH.
your advertise here

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post